Pages

Subscribe:

Labels

Rabu, 09 Oktober 2013

Perancangan Web dan Internet

Perancangan Web dan Internet adalah mata kuliah yang mempelajari cara membangun website dengan baik dan benar. Mengapa saya bilang "membangun website " karena bukan hanya sekedar membuat saja tetapi kita harus merawat website kita agar web kita menjadi web yang bagus dan credible. Dalam membangun sebuah web ada beberapa hal yang wajib kita perhatikan.Yaitu :

1. Tema
Tema adalah hal yang sangat penting dan harus sangat dipikirkan dengan baik dan matang. Tema seperti apa yang akan kita ambil, akan sangat menentukan hasil yang akan kita dapatkan. Kalau bisa, kita harus memilih tema yang sesuai dengan hal-hal kita suka agar pada saat kita membuat artikel untuk web kita, kita selalu senang. Mengapa kita harus memilih tema yang sesuai dengan apa yang kita gemari??? simple aja jawabannya... yaitu agar kita tidak bosan saat kita membuat artikel untuk web kita karena tema yang kita pilih adalah tema yang sangat kita gemari.

2.Tujuan
Sebenarnya, apa sih tujuan kita membuat website?? Apakah kita membuat website hanya untuk  hiburan, promosi, bisnis, atau sebagai media pembelajaran.

3. Design
Seperti apa design yang akan kita buat untuk web kita??? Jawabannya adalah design website kita harus sesuai dengan tema yang kita ambil dan design yang kita buat harus se-bagus dan se-menarik mungkin karena orang/pengunjung akan sangat tertarik dengan website yang sangat interaktif.

4. Target Pengunjung
Siapakah target pengunjung untuk website kita??? Target pengunjung kita sangat behubungan erat dengan tema dan tujuan untuk apa kita membuat sebuah website. Target kita harus jelas dan tepat, apakah sasaran kita itu, untuk para pebisnis, untuk orang dewasa atau untuk anak-anak. Kita harus memikirkannya dengan matang.


Sementara dalam Perancangan Web dan Internet kita juga diajarkan untuk dapat mengelola dengan baik web kita agar menjadi website yang baik. Ada beberapa point yang diajarkan dalam Perancangan Web dan Internet yaitu :



  • Analisa Sistem
Kita akan diajarkan untuk menganalisa sistem apakah yang tepat untuk digunakan pada website kita, nah hal ini akan dipelajari lebih lanjut didalam Perancangan Web dan Internet.

  • Design Web
Kita diajarkan untuk membuat design yang sesuai dengan tema yang kita pilih, design adalah hal yang sangat penting karena design yang bagus akan menarik banyak pengunjung
  • Database
Kita juga diajarkan untuk merancang database yang baik. agar semua fitur dalam website dapat beroperasi dengan optimal.
  • Hardware dan Software
Penggunaan hardware dan software sangat berpengaruh, terutama pada saat kita membuat website kita harus memperhatikan software yang kita gunakan, disarankan kita membuat website dengan software yang sudah credible dan yang paling update, agar website kita dapat bekerja disemua platform dan aplikasi yang berbasis web.
  • Promosi dan Publikasi
Setelah semuanya program bekerja dengan baik pada akhirnya website yang kita buat akan dijadikan sebagai media untuk promosi dan publikasi.

Hal-hal diatas hanya sebagian kecil yang diajarkan dalam Perancangan Web dan Internet, Masih banyak lagi ilmu yang kita dapat pelajari dalam Perancangan Web dan Internet.

Terus belajar yuk agar kita bisa membuat website yang JOSSSHHH hehehe... :)

0 komentar:

Posting Komentar